Waspadai alergi susu sapi pada anak

By | May 27, 2016

Memiliki anak, keponakan atau adik kecil yang minum susu formula? Sudah tahukan kita jika susu sapi ini meskipun sangat banyak manfaatnya tapi ada beberapa anak yang alergi akan susu sapi, ini? Yup, karena masing-masing anak memiliki kekebalan yang berbeda. Saat Zafa masih umur 3 atau 4 bulan saya pernah bertemu dengan ibu-ibu yang menggendong bayinya di tempat praktek dokter anak dan mengatakan kalaubayinya alergi susu sapi dan dia harus mengganti susu pengganti-nya dengan soya milk. Saat Zafa berusia sekitar 10 bulan saya juga menjumpai kasus serupa. Karena kami sama-sama memiliki anak bayi, saat itu kami pun sempat sharing sedikit di ruang tunggu sehingga saya mendapatkan beberapa informasi yang jelas sangat berguna! Saya menulis ini pun setelah kemarin menelpon sepupu saya dan katanya anaknya sesak nafas dan diduga alergi dengan susu formula yang diminumnya karena tidak bisa mendapatkan ASI ibunya.

Yang jelas, karena alergy terhadap protein sapi (hewani) ini kekebalan tubuh si kecil akan mulai menunjukkan gejala-gejala terhadap alergi susu tersebut.

Waspadai alergi susu pada anak dengan mengenali gejala-gejalanya

May 27, 2016

Gejala-gejalanya

Dari pengalaman yang saya temui sih biasanya ga jauh bedah dengan alergi makanan lainnya seperti gatal-gatal, muncul bintil-bintil merah pada kulit seperti campak karena menyerang kulit, untuk pencernaan biasanya muntah dan mencret dan juga bisa menyerang pernafasan sehingga si bayi akan sesak nafas atau asma.

Untuk reaksi setiap alergi ini sih sebenarnya ada reaksi cepat, sedang dan lambat.

Reaksi Cepat : si bayi muncul bintil-bintil di kulit wajahnya dan mengalami sesak nafas atau biasanya diawali bersin-bersin lalu nafas terdengar “nggrok-nggrok”

Reaksi Sedang : Gejala yang muncul biasanya mencret dan muntah-muntah

Reaksi Lambat : Gejala yang menyerang lebih dari 24 jam seperti gangguan pencernaan, susah buang air besar dan gangguan kulit

Jika menemui gejala-gejala tersebut di atas untuk bayi yang ada di sekitar kita, sudah seharusnya kita sigap dan langsung membawahnya berkonsultasi dengan dokter anak agar mereka bisa memberikan advise tentang tindakan cepat apa yang harus kita lakukan.

Oh, iya penting juga diingat anak-anak dengan alergi susu ini  biasanya juga alergi terhadap makanan-manakan yang mengandung protein hewani, seperti telur atau bahkan kue yang memakai adonan mereka dengan susu dan telur! Jadi, lebih baik mereka dijauhkan dengan makanan-makanan ini.

Share Button

2 thoughts on “Waspadai alergi susu sapi pada anak

  1. Agung Rangga

    adik saya, pas dulu masih bayi pernah tuh alergi susu formula, sampai mencret-mencret dan dibawa ke RS. 🙁

    Reply
  2. Heni Puspita

    Sufor untuk yang alergi susu formula (dari susu sapi) biasanya harganya lumayan lebih mahal. Tapi ” diduga alergi dengan susu formula yang diminumnya karena ASI ibunya.” itu maksudnya gimana ya Mbak? Si bayi juga alergi ASI?

    Ada yang kurang maksudnya, tidak bisa minum ASI Ibunya. Udah saya tambahin, makasih Mbak..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *