Rimbang – Tanaman Liar yang enak dijadikan santapan

By | September 10, 2016

Orang mengenal sayuran ini sebagai rimbang, tapi kami orang Jawa menyebutnya Pokak kalau di Bali disebut…apa ya, saya lupa padahal Mama dan suami pernah kasih tahu tapi lupa banget apa gitu namanya. Yang jelas rasanya pahit, sangat pahit bagi mereka yang tidak suka. Namun, sebenarnya sayur ini rasanya unik! Saya termasuk orang yang susah memakan jenis makanan yang aneh akan tetapi untuk Rimbang ini saya bisa berkompromi dan bisa dibilang suka!

Sebenarnya, sayuran liar ini memiliki banyak manfaat tentu saja jika disajikan dengan benar. Eh, saya di sini tidak akan bercerita tentang cara penyajian yang benar melainkan bagaimana disajikan sehingga meninggalkan rasa enak dan ingin memakannya lagi.

Biasanya Rimbang atau pokak ini di masak dengan rasa cabe, karena sifat dari Rimbang itu sendiri. Emang sifatnya bagaimana, sih? Ya, gitu sifatnya enak dimakan, he he he. Selain dengan cabe, sayuran ini juga akan lebih nikmat jika dicampur dengan protein hewan dari laut yang sudah dikeringkan seperti ebi dna teri medan. Kalau mau mencoba teri biasa juga welcome.

Image and video hosting by TinyPic

Untuk yang sudah biasa saya makan sih memakai teri medan atau ebi. Ada teman saya yang bercerita kalau dia memasaknya dengan cara dibelah. Bisa juga sih, saya juga pernah lihat akan tetapi dengan cara dibelah akan mengurangi ke”unik”an rasa itu, akhirnya pun dia bertanya “bagaimana agar tidak pahit tanpa dibelah”.

Sekedar sharing, bukan ngajarin karena saya tak pandai sama sekali dalam memasak he he he. Saya melihat bagaimana Mama cara mengolahnya. Agar si Rimbang ini tak pahit, maka setelah dicuci bersih silahkan digoreng diminyak banyak yang panas lalu tiriskan sampai minyak tidak ada dan sisihkan. Setelahnya, baru mengolah dengan bumbu masakan yang kita kehendaki dan Rimbang ini dimasukkan terakhir kali dicampur dengan bumbu plus campurannya baik ebo ataupun teri. Rasa pahit memang tidak hilang 100%, tentu saja akan menyisahkan rasa getir. Kalau pernah makan kemangi, mirip itulah rasanya akan tetapi rasanya lebih unik.

Akan tetapi, memang boleh dibilang rasa enak dan gurih itu bisa menambahkan rasa yang sangat fantastic.

Selamat mencoba bagi yang belum pernah, wajib dicoba karena murah meria 🙂
Image and video hosting by TinyPic

Share Button

5 thoughts on “Rimbang – Tanaman Liar yang enak dijadikan santapan

  1. Evi

    Orang Minang menyebutnya rimbang sementara orang Sunda memanggilnya leuncak. Tapi apapun namanya rimbang memang enak banget. Surasa makan terong tapi dalam versi Mini. Kalau dikunyah bijinya muncrat-muncrat di dalam mulut 🙂

    Sensasi muncratnya yang bikin enak he he he

    Reply
  2. Agung Pushandaka

    Ooh iya, beberapa hari lalu saya disuguhi makanan ini. Jujur, saya ndak tau namanya. Pertama kali saya lihat, saya pikir ini kacang polong rebus ya? Rasanya agak pahit. Jadi saya ndak teruskan sampai habis. Hehe. Makasih ya infonya.

    Padahal enak 😀

    Reply
  3. prih

    Tampilannya mirip leunca di Jawa Barat, huenak dimasak dengan oncom. ternyata dengan teri cocok juga ya Jeng Hani, apalagi plus nasi hangat.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *