Pasar Ikan Kedonganan- pasar plus plus

By | June 22, 2016

Untuk yang tinggal di Bali sudah pasti tahu kalau pasar Kedonganan adalah pusatnya ikan-ikan segar dengan berbagai jenis. Bahkan untuk ibu-ibu yang sudah faham dengan seluk beluk pasar ini akan menghadang nelayannya langsung untuk mendapatkan yang paling segar dan pastinya lebih murah dari pada yang mereka dapatkan di dalam pasar.

Image and video hosting by TinyPic

Pasar ini akan luar biasa ramai di saat-saat tahun baru di mana semua orang memburu ikan-ikan yang akan mereka bakar dalam acara tahun baruan.

Image and video hosting by TinyPic

Di pasar ini sih, biasanya saya tidak hanya belanja ikan akan tetapi sayuran dan bumbu-bumbu dapur lainnya karena harga-nya yang jauh lebih murah dari Super Market. Posisi pasar ikan dan pasar sayur memang tidak menjadi satu tapi berseberangan, namun jaraknya tidak jauh sehingga saat selesai belanja ikan kita bisa lengsung belanja sayur.

Harga ikan di pasar Kedonganan tidak bisa juga dibilang paling murah karena kalau bicara soal harga, mereka tetap mematok harga pasaran namun kejelihan dan banyaknya pilihan yang menjadi syurga bagi penikmat makanan berbahan dasar ikan.

Pasar Ikan Kedonganan – pasar plus plus

Di pasar Kedonganan ini kita tak hanya berbelanja akan tetapi bisa langsung menikmatinya! Bagaimana caranya? apakah kita akan memakan ikan-ikan tersebut mentah-mentah? tentu tidak dong! Di sepanjang pinggir pasar ikan ini ada jasa membakar ikan yang biasanya harga bakar di patok perkilo gram. Terakhir saya bakar ikan di sana dipatok dengan harga Rp. 15,000/kg. Dengan memakai jasa mereka ini kita bisa mendapatkan sambal dua macam, yaitu sambal tomat khas ikan bakar plus sambal Matta khas-nya Bali yang yummy dan bikin laper, he he he

Image and video hosting by TinyPic

Bagaimana kalau ingin makan nasi? Beberapa jasa bakar ikan juga menjual nasi dan menyediakan tempat untuk makan. Namun, jika ingin menikmatinya dipinggir pantai juga boleh jadi kita akan merasa makan ala-ala cafe tepi pantai yang berada di sepanjang jalan menuju pasar ini.

Image and video hosting by TinyPic
Bagi penikmat ikan bakar, membeli dan sekaligus memakan ikan bakar di sana menjadi pilihan karena harga yang mereka dapatkan jauh lebih  murah dari pada mereka makan di Cafe-Cafe pinggir pantai yang berada di sepanjang jalan menuju pasar. Sebagai contoh, beberapa Cafe mematok harga Rp. 250,000 – Rp. 350,000/pack sedang kalau makan di pasar dengan uang Rp. 200,000 saja kita bisa makan berdua atau bahkan berempat!Tergantung ikan apa yang kita pilih, he he heImage and video hosting by TinyPic

Untuk para wisatawan yang sudah mengetahui keberadaan pasar ikan Kedonganan ini mereka enggan makan di Cafe-Cafe yang selama ini mereka datangi, Toh, dengan tetap makan di pinggir pantai terbuka itu pun mereka bisa menikmati makanan yang sama dan juga minuman yang sama. Yang membedakan pastinya tidak ada pelayanan layaknya resto atau Cafe karena kita harus bisa organize sendiri makanan kita.

Saya sendiri pernah mencoba membeli Octopus seberat 1kg, saat itu harganya cuma Rp. 35,000 kalau tidak salah lalu kita bakar di sana dan kita nikmati di pinggir pantai sambil minum es kelapa mudah, duh sedaaaapnya.

Image and video hosting by TinyPic

Di pasar ini disediakan kursi dan meja-meja kok untuk para wisatawan yang ingin menikmatiikan bakar langsung di tempat. Coba saja sensasi makan ala cafe outdoor tepi pantai ini, ditemani pemandangan langit biru dan pesawat yang sedang take off dan landing kita bisa merasakan pengalaman makan yang berbeda.

 

Share Button

4 thoughts on “Pasar Ikan Kedonganan- pasar plus plus

  1. darwinarya

    wah ini … perlu dicoba nih, Mbak. Hmmm nyummmyyyy ^_^

    Masak tinggal di Bali belum pernah ke Kedonganan, kalau mau kesana calling2 ya…siapa tahu bisa bareng-bareng heee

    Reply
  2. Indah nuria

    Kebayang pasti ramai dan segaaar ya mba.. Dibkampungku Lampung juga ada 🙂

    Selalu ramai, Mbak…duh semoga bisa ke Lampung punya kenalan banyak di Lampung 😀

    Reply
  3. Alris

    Wah, ini menarik. Pasar ikan ada jasa bakar ikannya. Pastinya ikan bakarnya lebih enak karena ikan masih segar.
    Kalo ke Bali boleh nih jadi referensi.

    Harus dan wajib Mas…sebagian orang akan mengatakan ke Bali nggak afdol kalau gak ke Cafe Jimbaran (cafe mana saja di Jimbaran yang menjual menu ikan bakar) tapi harganya selangit jadi pilihannya ya pasar ikan ini 🙂

    Reply
  4. Prita

    November mau ke bali. Info ini sangat bermanfaat. Semoga bisa makan enak ala ala jimbaran cafe.
    Terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *