In Harmony Clinic – Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati

By | June 16, 2016

Saya tidak tahu dari mana awalnya saya menyadari tentang bahaya merokok, yang saya tahu saat kena asap rokok kepala saya langsung pening dan cenut-cenut, awalnya saya tidak tahu kenapa itu terjadi. Ternyata, setelah saya mencari tahu hal ini disebabkan suplai oksigen ke otak terganggu. Otak membutuhkan 2 energi utama agar tetap bekerja dan sadar, yaitu oksigen dan glukosa atau gula darah. Keduanya dibawa oleh darah. Oksigen, glukosa, dan aliran darah merupakan 3 elemen penting untuk otak. Jadi ketika saya menghirup asap rokok maka kadar oksigen yang ada dalam otak saya jadi tertekan dan akibatnya kerja otak saya terganggu. Dari sini saya sadar juga bahwasannya perokok pasif ternyata lebih berisiko tinggi terkena penyakit ketimbang perokok itu sendiri. Jadilah saya membenci rokok mulai dari situ.

Dengan bertambahnya pengetahuan tentang bahaya merokok. Akhirnya saya sempat aktif mengikuti aksi Bumi Tanpa Asap Rokok tapi itu dulu sekitar 15 tahun lalu.

Dan saya bersyukur pula dalam keluarga, saya berhasil juga membuat Papa berhenti merokok, saya bilang ke beliau bahwa kami, anak-anaknya masih membutuhkan dia untuk hidup lebih lama, kami tidak rela beliau harus meninggal karena penyakit yang disebabkan rokok. Kakak saya pun mengikuti jejak Papa, karena tidak ingin membahayakan anaknya yang kala itu isterinya sedang hamil memutuskan untuk berhenti merokok sampai sekarang.

Bukan hanya itu, sekitar 3 tahun lalu Ibunda saya sempat operasi pengangkatan rahim karena tumor ganas. Alhamdulillah, operasi berhasil dan ibu saya sehat sampai sekarang. Dari peristiwa itu, saya sangat sadar kalau ibu saya yang gaya hidupnya itu gak neko-neko, mengatur makanan yang masuk ketubuhnya semenjak usianya menginjak 50 tahun saja bisa sakit bagaimana yang sembarangan? Ok, tidak ingin peristiwa itu terulang kembali maka keluarga kami sekarang melakukan tindakan preventif terhadap beberapa penyakit yang kemungkinan bisa menyerang.

Tindakan preventif yang kami lakukan pertama-tama adalah membatasi makanan yang memungkinkan potensi suatu penyakit secara berlebihan kedalam tubuh kami. Seperti karbo, makanan dengan lemak jenuh dan lain sebagainya. Dan juga kami mengupayakan untuk memiliki gaya hidup yang sehat.

Image and video hosting by TinyPic

Tidak takut main di luar rumah karena vaksinasi lengkap

Selain itu untuk saya pribadi, memberikan makanan bergizi selain ASI plus imunisasi lengkap terhadap anak saya yang sifatnya wajib karena vaksinasi akan membentuk kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu. Memang sih, saya pernah dengan saat itu bahwa imunisasi itu haram akan tetapi mengetahui manfaat dari imunisasi itu sendiri dan juga secara official tidak ada yang menyatakan imunisasi haram saya tetap setiap bulan melakukan imunisasi dasar kepada anak saya yang saya lakukan dari usia 1 sampai 9 bulan dengan dokter anak yang menangani anak kami. Untuk imunisasi lain, lebih lanjut suami saya juga melakukan konsultasi dengan dokter anak, kira-kira imunisasi apa yang harus kami berikan kepada anak kami setelah usia 9 bulan. Dokter anak kami memang sempat menyebutkan beberapa vaksin yang namanya jujur susah saya ingat dan untuk vaksinasi ini kami harus reservasi dahulu.

Dan alhamdulillah, dengan melakukan imunisasi ini bayi saya termasuk bayi yang sehat dan tidak gampang sakit. Di kantor, beberapa teman yang memiliki anak seumuran anak saya sering ijin karena anaknya panas, batuk atau flu akan tetapi sekali lagi saya sangat bersyukur karena sudah mentamenginya dengan vaksinasi. Yup, mencegah memang lebih baik daripada mengobati.

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Blog Kesehatan “Tindakan Pencegahan Penyakit”

 

Image and video hosting by TinyPic

Share Button

3 thoughts on “In Harmony Clinic – Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati

  1. Indah nuria

    All the best ya mba.. Seringkali kita belum sadar kalau belum merasakan dampak negatifnya. Dan selalu, pencegahan akan lebih baik dan bisa mengurangi banyak kerepotan saat sakit

    Reply
  2. Alris

    Merokok terbukti banyak mudhoratnya. Herannya masih ada segelintir orang berdebat rokok tidak merusak kesehatan.
    Keren bisa memotivasi orang supaya tidak merokok.

    Tapi masih banyak juga yang gak bisa berhenti merokok dnegan berbagai alasan, karena merokok seperti memakan makanan favorit 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *